Selasa, 17 Juni 2008




Pertandingan sepak bola liga-liga elit dunia sudah bergulir sejak beberapa pekan terakhir. Liga Inggris hingga pekan ini sudah menggelar empat pertandingan, sementara liga Italia dan Spanyol baru satu pertandingan.
Di liga Inggris, Kampiun tahun lalu, Manchester United memulai debutnya musim ini dengan buruk. Dari empat kali pertandingan, baru pekan kemarin ‘Setan Merah’ memetik keunggulan. Klasemen sementara hingga kini justru dikuasai Chelsea.
Di Italia Juventus berhasil menduduki top klasemen, disusul AC Milan, Fiorentina dan AS Roma. Sedangkan di Spanyol, Sevilla untuk sementara yang mengoleksi nilai tertinggi, disusul Real Madrid dan Real Murcia.
Bagi para ‘Gibol’ musim kompetisi tahun ini tentu tak bakal dilewatkan begitu saja. Bahkan seorang teman saya sempat uring-uringan gara-gara Liga Inggris tak lagi disiarkan langsung oleh televisi lokal. Dia pun melakukan aksi ‘minta sumbangan’ agar bisa menjadi pelanggan sebuah stasiun TV berlangganan.
Nah bagi anda para pecinta sepak bola, tentu kurang afdol jika tak mengetahui seluk beluk sejarah sepak bola. Bukankah ada ungkapan, pecinta bola sejati adalah pecinta bola yang menghargai sejarah sepak bola itu sendiri. Untuk itu, kali ini saya postingkan tonggak-tonggak Sejarah Sepak Bola di planet bumi ini, biar makin afdol nonton bolanya….
SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA

5.000 sebelum Masehi: Sepakbola dimainkan di Cina dengan nama tsu chu. Selain untuk melatih fisik tentara, permainan ini dipertandingkan saat kaisar ulang tahun
.1314: Raja Edward II melarang sepakbola.
1369: Raja Edward III meneruskannya.
1863
: Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris didirikan.
1888
: Tendangan penalti diperkenalkan.
1904: FIFA didirikan dengan anggota Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia.
1908: Sepakbola menjadi olahraga di Olimpiade.
1913: FIFA menjadi anggota FA Internasional.
1930: Kejuaraan Dunia pertama di Uruguay.
1938: Televisi BBC pertama kali menayangkan pertandingan sepakbola.
1958: Tayangan pertama Kejuaraan Dunia.
1966: Mulai ada tayang ulang untuk sebuah gol.
1977: Kejuaraan Dunia untuk usia di bawah 20 tahun.
1988: Kampanye fairplay.
1999: Kejuaraan pertama sepakbola perempuan.
2002: Jepang dan Korea merupakan negara pertama penyelenggara Piala Dunia di luar Eropa dan Amerika.

Tidak ada komentar: